Senin, 10 Januari 2011

Kesenian Daerah

Hampir di setiap daerah di indonesia terdapat kesenian daerah. Kesenian daerah dapat berupa tarian, maupun lagu-lagu daerah. Bahkan, ada juga kesenian daerah yang berupa upacara adat di daerah tertentu. Kesenian daerah ini berkembang sesuai dengan perkembangan adat istiadat daerah itu.

Banyaknya kesenian daerah di indonesia menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Salah satu tujuan mereka datang ke indonesia untuk menyaksikan kesenian di berbagai daerah. Hal ini dapat di maklumi karena kesenian daerah di indonesia sangat banyak dan kadang-kadang menganding ilmu-ilmu tertentu yang membawa daya tarik tersendiri.

Kesenian daerah merupakan sumber dari kebudayaan nasional. Kesenian daerah yang banyak di gemari orang, biasanya di jadikan kebudayaan nasional oleh pemerintah indonesia. Kesenian daerah ini tentu harus memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan itu, di antaranya sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia dan pantas di saksikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga di perlukan lembaga pemerintah yang menilai kesenian-kesenian daerah di indonesia.

Berbagai kesenian daerah dapat kita saksikan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di TMII terdapat berbagai bentuk rumah adat dan sering menampilkan tarian adat, dan berbagai kesenian daerah yang lain yang ada di indonesia. Di sana sering di tampilkan berbagai pertunjukan kesenian daerah seperti ketoprak, wayang, ludruk, dan tarian-tarian daerah. Hal ini bertujuan untuk memamerkan kekayaan kesenian daerah dan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tugas kita sebagai warganegara indonesia merawat dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada dengan baik. Bahkan, kita di tuntut dapat mengembangkannya. Hal ini bukan tugas yang ringan. Namun, jika di landasi dengan niat dan tekad yang sungguh-sungguh, pasti kebudayaan bangsa kita akan berkembang pesat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda