Senin, 13 Mei 2013

Tugas 2 (Kewirausahaan #)

Automatic Roof



BAB I


1.1 Latar Belakang


    Automatic Roof adalah sebuah sistem yang mengatur buka dan tutup atap rumah sesuai kondisi cuaca. Salah satu contoh keuntungan dari alat ini adalah kita dapat menjemur pakaian dengan santai tanpa perlu khawatir pakaian kita akan kehujanan, karena atap akan menutup secara otomatis saat terjadi hujan.
   Di zaman modern ini semua kegiatan manusia dibuat serba praktis dengan adanya teknik otomatisasi. Otomatisasi adalah sebuah teknik yang bekerja secara otomatis berdasarkan  respon tanpa adanya campur tangan manusia. Hal-hal yang sulit dikerjakan dan berbahaya pun dapat digantikan oleh teknik otomatisasi ini. Salah satu dari contoh teknik ini adalah Automatic Roof. Automatic roof adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuka atau menutup atap, yang biasa digunakan apabila hujan maka atap akan menutup dan jika cahaya muncul maka atap akan terbuka, dalam kehidupan sehari-hari alat ini bisa digunakan untuk tempat menjemur pakaian, apabila hujan atap secara otomatis tertutup dan pakaian yang sedang dijemurpun tidak akan terkena hujan, dan membuat pemilik rumah tidak khawatir tentang jemurannya tersebut.
   Pada rangkaian Automatic Roof ini terdapat 2 buah sensor yaitu sensor air dan sensor cahaya, selain itu pula terdapat motor DC yang berguna untuk menggerakan atap terbuka atau tertutup, dan komponen yang paling penting dalam alat ini adalah IC AT89S51.


1.2 Batasan Masalah

    Automatic Roof  merupakan alat yang bekerja berdasarkan kondisi cahaya dan kondisi hujan. Oleh karena itu pembahasan tentang Automatic Roof disini hanya berkisar antara penggunaan sensor LDR dan sensor air, serta respon dari alat ini berupa Motor DC yang menggerakan atap dan tampilan kondisi cuaca di LCD Display.


1.3 Tujuan Penulisan Terhadap Lingkup Usaha

  • Dalam pembuatan skala kecil , alat ini dapat di aplikasikan seperti penutup atap jemuran pakaian pada rumah .
  • Dalam pembuatan skala besar , alat ini dapat di aplikasikan seperti atap stadion yang dapat membuka dan menutup sesuai cuaca .

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda